Majalah Benteng Kampus Rekrut Calon Reporter Dan Siapkan Suksesi

Mari berbagi:

SEMARANG[Kampusnesia] – Majalah Benteng Kampus (BK) dibawah naungan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang tengah mempersiapkan pergantian pimpinan pengelola divisi redaksi, menyusul periode pengelola redaksi BK lama akan berakhir.

Sebelum suksesi berlangsung akan didahului dengan seleksi  atau rekrutmen calon reporter (Carep) yang dijadwalkan berlangsung setiap awal tahun dan Carep hanya diprioritaskan untuk kalangan mahasiswa perguruan tinggi ilmu komunikasi tertua di Jateng itu .

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Benteng Kampus ( UKM LPM BK)  Lina Damayati mengatakan suksesi dijadwalkan menjelang berakhirnya semester genap, sedang rekrutmen calon reporter pada awal semester genap.

“Alhamdulillah dua agenda ini bisa dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir. Saat pengelola BK ditinggal seniornya, seiring studi mereka telah selesai, dan kini generasi berikutnya sudah siap melanjutkan,” ujarnya usai memimpin rapat hasil seleksi atau rekrutmen calon reporter BK di ruang Laboraturium Fotografi, STIKOM Semarang, Kamis (15/3).

Menurutnya, proses seleksi berlangsung mulai Rabu (14/3) yang digelar di laboraturium media cetak dan laboraurium jurnalistik elektronik STIKOM yang berlokasi di Jalan Woltermonginsidi 119 Pedurungan Semarang.

Dari beberapa mahasiswa peminat yang mendaftar setelah diseleksi terpilih delapan mahasiswa yang memenuhi syarat untuk bergabung ke majakah BK. Materi testing, kata Lina, meliputi, broadcast, foto jurnalistik, mencari dan menulis berita dan desain media.

Proses pergantian di level elit  pengelola redaksi, dia menambahkan memang berlangsung sangat cepat, sehingga para aktivis pers kampus BK tidak bisa berlama-lama menduduki sebuah jabatan di divisi redaksi, paling lama satu tahun, mengingat kalau terlalu lama akan menghambat proses kaderisasi.

Lina Damayati menuturkan dengan adanya pergantian di level pengelola, selanjutnya akan diikuti dengan pergeseran-pergeseran atau alih tugas di level bawah. Di antaranya dari reporter naik jenjang ke repoter senior, sedangkan dari beberapa repoter senior dipilih menjadi korlip dan redaktur serta redaktur pelaksana (Redpel).

“Saya sendiri setelah ini segera melepas jabatan sebagai Redpel, tugas ini akan dilanjutkan oleh adik-adik kelas, selanjutnya saya akan konsentrasi menyelesaikan tugas akhir kuliah,” tutur Lina.

Broadcast , ujar Lina, merupakan mata uji baru yang sebelumnya tidak pernah diujikan. Kali ini materi ini diujikan untuk memenuhi program Laboraturium Media Terintegrasi STIKOM Semarang yang didalamnya terdapat media online ( Kampusnesia.com), STIKOM TV, STIKOM  Radio dan PDF majalah BK.

Menurutnya, untuk mendukung pengoperasian laboraturium itu, awak redaksi majalah BK juga dilibatkan didalamnya sesuai dengan peminatan para aktivis pers kampus. Selain jajaran redaksi majalah BK, juga beberapa alumni BK juga direkrut untuk memperkuat Kampusnesia.com.

Kampusnesia.com merupakan media berbasis teknologi internet yang dikelola STIKOM Semarang. Keberadaannya melengkapi laboraturium terpadu yang menjadi sarana pendukung praktikum mata kuliah jurnalisme, pertelevisian, keradioan, periklanan, public relations, serta mata kuliah lain yang terkait bagi mahasiswa perguruan tinggi (swasta ) ilmu komunikasi itu.

Media online itu lahir ditengah-tengah redupnya media konvesional seiring dengan hadirnya era teknologi digital yang menyusup ke tengah-tengah jagad jurnalisme, hingga menjadikan masyarakat penikmat media termanjakan dalam bermedia.

Jurnalisme  cyber perlahan tetapi pasti memarginalkan posisi media cetak dan elektronik yang ditandai dengan perubahan konsumen media dalam mengkonsumsi produk-produk jurnalisme, serta berbagai sajian media lainnya di abad ke-21 ini.(Noviratna Sari/smh)